Padang – Dosen Kepelatihan FIK UNP yang terdiri dari  Dr. Masrun, M.Kes dan Yogi Setiawan, M.Pd. menggelar pengabdian masyarakat dengan tema pengabdian “Pelatihan Pelatih  Softtenis di Pariaman, Selasa (24/10/2023). Pelatihan ini merupakan salah satu program pelatihan pelatih soft tennis singkat yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang pelatihan soft tennis. Peserta pelatihan diajarkan bagaimana untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk menjadi pelatih softtennis diantaranya; program latihan, teknik dan taktik bermain soft tennis.

Pelatihan ini dilatarbelakangi dengan kondisi minimnya jumlah pelatih Soft Tennis di Kota Pariaman khususnya, dan sumatera barat pada umumnya. Hal ini menjadi pemikiran dari tim PKM Departemen Kepelatihan untuk melakukan pelatihan tersebut.

Pelatihan pelatih soft tennis ini diikuti sebanyak 20 orang. Metode pendekatannya dilakukan dengan meggunakan pendekatan Kelompok, dimana peserta dibagi menjadi 5 kelompok, dimana setiap kelompok terdiri dari 4 orang dengan setiap kelompok didampingi 1 orang instruktur. Pelatihan pelatih softtenis ini berlangsung selama 2 hari. Pelatihan di awali dengan melakukan pre tes terlebih dulu, dilanjutkan dengan pemberian materi, dan diakhiri dengan post test. Data pre tes dan post tes diolah dengan menggunakan statistic deskriptif, t test, dan N_Gain score.

Untuk melihat pengaruh dari pelatihan yang telah dilakukan selama dua hari, dilakukan uji perbedaan mean antara data pre test dan data post test. Berdasarkan hasil analisis di atas diperoleh nilai sig 0.0 < 0.05. Peningkatan hasil Latihan bisa dilihat darit_test dan N_Gain Score yang dilakukan, dimana terdapat peningkatan kemampuan ketrampilan dan pengetahuan para peserta dalam  sebesar 27%.

Dengan adanya pelatihan ini menambah jumlah pelatih di Kota Pariaman khususnya dan Sumatera Barat secara umum, sehingga Upaya untuk memasyaratkan olahraga soft tennis di Sumbar bisa terwujud. Dari hasil pelatihan yang telah dilakukan, seluruh peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini, dan berharap akan diadakan pelatihan sejenis untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *