Jurusan Kepelatihan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Padang (UNP) dan Program Studi Teater Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang sepakat menjalin kerjasama penelitian dengan menggabungkan antara 2 bidang yang berbeda, yaitu olahraga dan seni.

Rencana kerjasama kedua lembaga pendidikan tinggi itu dituangkan dalam dokumen Minute of Meeting (MoM) pada Forum Group Discussion yang ditandatangani Ketua Jurusan Kepelatihan Dr. Donie S.Pd., M.Pd dan Ketua Program Studi Teater Kurniasih Zaitun S.Sn., M.SN di Ruang Dosen Jurusan Kepelatihan pada Sabtu 11 Januari. Kegiatan ini juga diikuti oleh salah seorang Guru Besar  Kepelatihan Profesor Dr. Sayuti Syahara, M. KES AIFO serta beberapa dosen muda.

Kerjasama tersebut nantinya akan fokus pada bidang penelitian. Para dosen prodi Teater akan mengkaji tentang seni pertunjukan dan kaitannya dengan keolahragaan sementara para dosen di jurusan Kepelatihan akan fokus keilmuan olahraga dan kaitannya dalam performa seseorang. 

Kurniasih Zaitun menyampaikan bahwa banyak kegiatan seni pertunjukan yang dapat dikolaborasikan bersama ahli olahraga oleh karenanya perlu berbagi ide-ide dengan banyak pihak, sehingga nantinya peluang tersebut dapat direalisasikan. 

Senada dengan Kurniasih, Dr. Donie menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk peluang pengembangan akademik terutama penelitian kepada suatu bidang yang sama sekali baru. “Biasanya kita bekerjasama hanya dengan latar belakang akademik yang sama yakni pelaku keolahragaan, akan tetapi untuk saat ini kita berkolaborasi dengan orang seni sehingga nantinya kerjasama ini diharapkan dapat berkontribusi positif bagi keilmuan,” ujar Donie. 

Selanjutnya Prof Sayuti beserta anggota yang terlibat didalam kegiatan ini berharap, agar kerjasama penelitian antara dua bidang yang berbeda ini dapat terealisasikan segera. (Arif)

Categories: News

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *