Padang- Seluruh civitas akademika Departemen Kepelatihan ikut serta menyukseskan acara ÜNP Basongket yang digelar pada hari Kamis 14 Desember 2023. Acara ini merupakan sebuah Upaya untuk memecahkan rekor MURI menggunakan songket.  Acara ini melibatkan seluruh Civitas akademika FIK UNP dan fakultas lain yang ada di UNP, mulai dari unsur Pimpinan selingkungan Universitas, GuruBesar, Dosen, Tenaga kependidikan dan mahasiswa. ini merupakan sebuah rekor yang masuk kedalam Museum Rekor Indonesia (MURI).

UNP berhasil memecahkan rekor MURI dalam acara UNP basongket yang digelar didepan auditorium UNP. Manejer MURI, Lutvi Syah Pradana mengungkapkan sebanya 17.319 civitas akademika UNP yang terdiri dari mahasiswa, dosen, tendik Darmawanita, Alumni, dan Mitra terverifikasi mengikuti acara UNP Basongket ini.

Kepala Departemen Kepelatihan Dr. Masrun, M.Kes menjelaskan bahwa TIM Kepelatihan yang tergabung dengan seluruh Civitas akademika Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) yang dipimpin oleh Dekan, Prof. Dr. Nurul Ihsan, yang berjumlah sekitar 1200 orang berangkat dari GOR FIK, menuju Auditorium dengan bersemangat, yang juga didampingi oleh Tim Silat FIK. Di auditorium, tim silat FIK UNP memperagakan jurus silat yang indah sebagai pertunjukan seni beladiri.

Acara UNP Basongket ini didukung oleh menteri Pariwisata RI, Bapak Dr. H. Sandiaga Salahunddin Uno, B.B.A, M.B.A. Dalam sambutannya beliau menyampaikan Selamat kepada UNP atas Acara UNP Basongket. Beliau berharap dengan adanya dukungan dan kolaborasi akan menjadi momentum bagi seluruh peserta dan pengunjung untuk bersama-sama mewujudkan wisata Indonesia yang sudah mendunia.

Dalam Acara UNP basongket ini, peserta wajib mengenakan atribut yang terbuat dari songket khas sumatera barat. Mulai dari deta, tikuluak, salempang, baju taluak balango, baju kuruang, sarawa jao, dan  atribut lainnya.

Acara  UNP basongket ini juga dimeriahkan oleh Grup pentas seni Darak Badarak yang baru-baru ini mendapatkan juara Pada ajang Bakat Nasional. Dengan kehadiran darak badarak ini juga membuat seluruh peserta semakin antusias untuk memecahkan rekor MURI.

Songket adalah identitas budaya Minangkabau yang sudah dikenal di dalam dan di luar negeri. Kebudayaan ini terus berkembang sejalan dengan berkembangnya teknologi informasi, Dimana songket semakin terkenal di Indonesia karena sudah dijadikan elemen trend fashion hingga sekarang.

Dalam sambutanya Rektor menyampaikan “Kita mohon dukungan berbagai pihak terkait, dalam momentum atau upaya serta spirit keluarga besar UNP untuk memecahkan Rekor Museum Rekor Republik Indonesia (MURI) dalam memakai ikat kepala bermotif songket. Secara kuantitatif kegiatan ini memang dihitung berbasis jumlah keikutan peserta, tetapi yang lebih urgensi secara kualitatif adalah wujud dari kecintaan anak negeri Minangkabau dalam pelestarian budayanya sendiri, juga sebagai ikon pakaian tradisional untuk diharapkan akan memperkuat identitas budaya atau kearifan lokal orang Minang itu sendiri makin kuat”.

Momentum acara UNP Basongket ini telah memberikan nurturant effect bagi denyut pengembangan dan pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) khususnya songket di daerah inim karena terjadi peningkatan pemesanan songket di berbagai unit usaha. Melalui kegiatan ini memberikan sisi edukasi bagi generasi milenial  untuk mencintai budayanya sendiri.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *